Jenis Tanaman Pembersih Udara

3 Tanaman Ini Bikin Bersih Udara Rumah


Udara yang bersih, segar dan bebas polutan di lingkungan tempat tinggal sangat penting artinya bagi kesehatan. Untuk mendapatkan kualitas udara yang baik, para ahli menyarankan untuk memanfaatkan tanaman dan pepohonan.

Tanaman yang biasa ditempatkan di dalam ruangan (indoor) ini cukup mudah ditemukan. Mereka memiliki beberapa komponen seperti daun, akar, dan bakteri yang ada di dalam tanah tempat tumbuh untuk membersihkan udara dalam ruangan yang mengandung racun.Racun yang dapat dibersihkan termasuk benzena dan formadehyda. Benzena ditemukan dalam asap rokok, sedangkan formaldehyda adalazat yang dapay menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan.

Berikut ini 3 tanaman yang direkomendasikan ditanam di lingkungan rumah

1. Sansevieria.



sansiviera
sansiviera atau lidah mertua
Disebut juga dengan tanaman lidah mertua. Tanaman yang berdaun tebal dan merunjing seperti pedang ini memiliki kemampauan untuk menyerap gas karbon monoksida ( CO) maupun karbondoksida ( CO2). Kedua polutan ini dihasilkan dari asap kendaraan. Oleh sebab itu tanaman Sansevieria ini banyak ditanam orang sebagai tanaman dalam ruang maupun dijadikan sebagai tanaman pagar.



2. Lili paris.



lili paris


Tanaman yang berdaun ramping ini, dan bewarna kombinasi hijau putih ini banyak dijadikan tanaman pot disudut ruangan. Kebanyakan orang juga meletakkan tanaman ini pada pot gantung, Tanaman Lili paris ini menguranggi radiasi computer, Anda dapat menaruh tanaman lili paris ini di meja kerja anda, karena dapat menyerap gas beracun.


3. Peace lily.







Disebut juga dengan tanaman Anthurium Bunga. Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang berdaun kecil dan memiliki bunga bewarna putih. Tanaman ini mampu mengurangi zat yang berbahaya seperti aseton, klorofom, atau alcohol yang banyak terdapat pada alat alat tulis kantor.
Selain dari tanaman yang ada diatas masih ada pula jenis tanaman yang dapat membantu menyerap bahan-bahan kimia yang terdapat di dalam rumah. Diantaranya adalah tanaman Philodendron, Tanaman sirih gading, serta tanaman hanjuang. Dengan adanya tanaman tersebut di pekarangan rumah anda, dapat mencegah timbulnya zat beracun, dan rumah juga akan menjadi lebih asri dan segar setiap hari. Dan yang penting lagi terhindar dari polusi udara yang sangat membahayakan kesehatan. Mulai sekarang rajin-rajinlah menanam tanaman di pekarangan rumah, dengan banyak menanam tanaman akan sangat bermanfaat bagi kesehatan keluarga anda.

Namun ada satu hal yang penting yang harus diperhatikan, yaitu jika anda meletakan tanaman-tanaman tersebut di dalam rumah, anda harus berhati-hati, karena halnya seperti tanaman lain, saat malam hari, tanaman justru mengeluarkan CO2 sehingga tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya jika anda meletakkan tanaman-tanaman di dalam rumah, saat malam hari sebaiknya anda keluarkan. pagi harinya baru anda masukkan lagi. agak repot memang, namun demi kesehatan ada baiknya juga.
Peneliti merekomendasikan untuk menempatkan antara 10-15 tanaman di lingkungan rumah. Setiap satu tanaman dapat membersihkan satu ruangan dengan luas sekitar 9 meter persegi.

0 Response to "Jenis Tanaman Pembersih Udara"

Post a Comment